Thailand sumbang lima juta bath untuk China

thailand, kamis, menyumbangkan dana sebesar lima juta bath (sekitar 173.000 dolar as) supaya membantu korban dan orang-orang terlantar akibat gempa sabtu kemarin dalam provinsi sichuan, china.

setidaknya 200 orang tewas serta lebih dari 12.000 yang lain terluka selama gempa kuat yang menghancurkan lebih dari 10.000 rumah itu.

wakil perdana menteri/menteri luar negeri thailand surapong tovichakchaikul menungkapkan sumbangan itu pada duta besar china guan mu, dan menungkapkan apresiasi atas nama orang-orang china terhadap rakyat thailand.

gempa dahsyat melalui kekuatan 6,6 skala richter dan melanda daerah terpencil, umumnya pedesaan juga daerah pegunungan pada provinsi sichuan, china pihak paling baratdaya, mendorong setidaknya 200 nyawa hilang serta sekitar 12.000 orang yang lain cedera.

Informasi Lainnya:

kekuatan gempa itu mendekati kejadian tahun 2008 yang merenggut 70 ribu jiwa.

gempa tersebut terjadi di sabtu jam 08.02 masa setempat selama desa lushan, tidak jauh kota ya`an, dengan pusat gempa pada kedalaman 12 km dalam perut bumi, kata lembaga surve geologi amerika serikat.

getaran gempa dapat dirasakan oleh penduduk pada pilihan provinsi tetangga termasuk ibu kota provinsi itu, chengdu, juga membeli masyarakat melarikan diri ke luar gedung.

presiden xi jinping serta perdana menteri li keqiang menyampaikan berbagai upaya penyelamatan ditujukan supaya menekan angka kematian.

setibanya selama web kejadian dengan menumpang helikopter, li memimpin upaya penyelamatan daripada alun-alun longmen, pusat kota lushan, lapor xinhua.

li membayar supaya regu penyelamat membuka jalan menuju baoxing, salah Satu daerah dan paling parah terkena gempa, juga para penyelamat bertindak amat cepat dalam usahanya, tutur xinhua melalui mengutip li.