AS jamin sekutunya yang gelisah diusili Korea Utara

amerika serikat menegaskan dulu komitmennya melindungi jepang melalui deterens nuklir sesudah meningkatnya ancaman perang nuklir daripada korea utara, dalam pembahasan dalam tiga hari diantara kaum diplomat serta pejabat pertahanan as - jepang.

pertemuan dua tahunan itu diadakan di pangkalan angkatan laut kitsap di negara bagian washington. dalam sana para pejabat jepang diajak tur menikmati suatu kapal selam juga fasilitas peluru kendali trident dan merupakan bagian daripada arsenal nuklir as.

pembicaraan ini dirancang untuk memastikan sekutu-sekutu kita kiranya as memperpanjang deterens melalui kredibel, andal juga berdaya tahan, papar pihak as seperti dikutip afp.

korea utara juga jepang sempat ingin mengembangkan kemampuan nulklir strategisnya tapi as meyakinkan kedua sekutunya tersebut bahwa bomber, kapal selam serta peluncur rudal nuklir mereka mampu menjawab seluruh potensi ancaman, tanpa merujuk ancaman korea utara.

Informasi Lainnya:

korea utara diperkirakan mau meluncurkan peluru kendali jarak menengahnya di pantai timur negara itu menjelang selebrasi nasional 15 april lusa.

jepang dan adalah satu-satunya negara yang sudah mengalami serangan nuklir, telah memerintahkan militernya menembak jatuh setiap peluru kendala yang diluncurkan korea utara yang mengarah ke wilayahnya, demikian afp.