Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan kiranya putaran kesepuluh pembahasan diantara iran dan iaea hendak digelar selama 15 mei di wina.

iran juga iaea telah berhadapan dalam sembilan putaran pembahasan sejak akhir 2011. pertemuan terakhir mereka digelar selama ibu kota iran, teheran, dalam pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembicaraan, deputi direktur jenderal iaea juga kepala departemen perlindungan herman neckaerts menungkapkan, kedua pihak tidak bisa mencapai kesepakatan tentang modalitas tetapi iaea berkomitmen agar meneruskan pembahasan.

iran serta iaea sudah membahas lebih daripada Salah satu tahun untuk mencari modalitas guna menunjukan apa iran harus menjawab pertanyaan iaea tentang isu kemungkinan dimensi militer (pmd) dari program nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel serta pilihan sekutunya menuduh iran sudah salah mengejar lokasi non-sipil pada web energi nuklirnya.

iran secara tegas menolak tuduhan itu, melalui alasan kiranya dibuat komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi serta anggota iaea, dia berhak supaya mencari teknologi nuklir supaya tujuan damai.

selain itu, iaea telah menggarap berbagai inspeksi fasilitas nuklir iran, sementara tak sudah menemukan bukti yang menunjukkan kiranya situs energi nuklir teheran telah dialihkan ke arah objek wisata militer, demikian catatan irna.