Kutai Timur gandeng Sulbar kembangkan kakao

kepala dinas perkebunan kabupaten kutai timur kaltim ir h achmadi baharuddin menyampaikan, kutai timur tengah menjajaki sinergi melalui menyertakan pemkab polewali mandar (polman) sulawesi barat (sulbar) supaya program pengembangan perkebunan kakao.

kepala dinas perkebunan kabupaten kutai timur ir h acmhad baharuddin, melalui kepala jenis produksi, h kasiyanto, ditemui pada ruang kerjanya, senin menunjukan, mulai 2013 dijajaki suatu keselaran pengembangan kakao dengan kabupaten polewai mandar (polman) sulbar.

sebagai langkah awal kerjasama itu, kutai timur membuat dan mencari bibit kakao unggul sebanyak 108 ribu pohon supaya dikembangkan pada dua kecamatan di kutai timur, ujarnya.

sebanyak 108 ribu bibit kakao tersebut akan dikembangkan di dua kecamatan yakni karangan 54 ribu pohon serta kecamatan karangan serta 54 pohon bibit. dua kecamatan tersebut hendak merupakan percobaan bibit unggul bidang sulawesi-1.

Informasi Lainnya:

kemudian supaya mencari 108 ribu bibit unggul dari polewali mandar (polman) pemkab kutai timur dengan dinas perkebunan sudah menganggarkan dana sebesar rp1.296 miliar melalui dana apbd ii murni tahun anggaran 2013.

bibit unggul itu, berdasarkan h kasiyanto, rata-rata berusia 2 bulan dengan system sambung samping serta hanya di kurun masa 16 bulan sudah berbuah alias produksi.

pengembangan kakao unggul melalui system sambung samping merupakan unggulan sulawesi selatan sejak pilihan tahun dan sudah berhasil dikembangkan oleh petani setempat dengan hasil dan sangat lur biasa.

jika usia kakao biasa mulai berbuah dalam umur 5 tahun, sedangkan kakao sambung samping ini telah pada usia 16 bulan telah mulai produksi.

kita mencari bibit dari polman karena pilihan alasan, yaitu pada ini produksi kakaonya lumayan sukses dan tahan pada serangan hama. kemudian daripada segi transportasi lebih tidak jauh daripada pulau jawa dan sumatera.

kerjasama nanti akan dilakukan melalui saling tukar info tergolong latihan juga magang masing-masing petani melalui kelompok-kelompok, katanya.

pengembangan kakao sambung samping akan kita genjot di kutai timur melalui selalu memperoleh bibit kakao unggul dari polman, yang berumur umur 2-3 bulan yang siap tanam.