Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji menyerahkan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah kepada penduduk, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan dan instansi pemerintah yang lain di makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat tersebut diselenggarakan dengan simbolik oleh kepala bpn kepada 46 penerima pada halaman rumah jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini adalah hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan dari januari 2013 sampai sekarang. ini adalah hasil kerja luar biasa dari segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah dalam sulawesi selatan, kata hendarman.

dia mengajarkan untuk seluruh wilayah indonesia terkandung sekitar 85 juta bidang tanah yang mesti disertifatkan. sampai ketika masih 45 juta bidang yang telah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh sebab itu, jajaran bpn ri agar bekerja lebih cepat agar memberikan pelayanan sertifikat tanah dan lebih bagus kepada penduduk.

hendarman menekankan agar semua jajaran pada berusaha taat kepadan aturan dan taat terhadap azas supaya masyarakat memperoleh pelayanan terbaik.

pada kesempatan tersebut, hendarman tinggal mengingatkan dua tugas yang diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya pada memimpin bpn. presiden memberi saya dua tugas yakni memangkas sengketa dan harus disadari kepada pihak kecil, ujarnya.

untuk tersebut, bpn ingin terus menggalakkan program-program pro-rakyat dan selama ini sudah berjalan. program-program tersebut keduanya sertipikat prona gratis, program jemput bola layanan sertifikat tanah agar rakyat (larasita) dan situs one day service.

mantan jaksa agung ri itu juga menekankan kembali prinsip dasar bahwa tanah adalah sumber kesejahteraan juga kemakmuran kepada rakyat, makanya tanah harus dihindarkan daripada spekulasi.

sejalan melalui penggalakan program pro-rakyat itu, bpn dan akan mempertimbangkan hak untuk upaya-upaya (hgu) terhadap perusahaan atau holding perusahaan yang sudah memiliki hgu cukup luas. aku serta mau meminta supaya pemegang hgu mengembangkan konsep plasma serta inti agar bermanfaat kepada warga, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman menyampaikan 17.680 sertipikat dan dibagikan tersebut keduanya terdiri dari prona 11.282 bidang, redistribusi tanah supaya rakyat miskin 2942 jenis, usaha kecil menengah (ukm) 465 jenis, nelayan 469 bidang, warga berpenghasilan rendah (mbr) 75 jenis, instansi pemerintah 474 bidang, larasita 1.097 bidang, wakaf 73 bidang serta sisanya 803 supaya pertanian.

elfachri serta mengakui sengketa tanah cukup banyak selama wilayah kerjanya. kami sudah menyelesaikan 220 sengketa melalui mediasi juga gelar perkara, ujarnya.

sementara tersebut, gubernur sulsel syahrul yasin limpo menyatakan pihaknya siap bekerja sama dengan bpn untuk melancarkan proses sertipikasi tanah kepada masyarakat. bentuk kerja sama itu salah satunya lewat penandatangan mou antara gubernur sulsel dengan kakanwil bpn sulsel dan disaksikan kepala bpn ri.