FSGI usulkan Kurikulum 2013 ditunda

federasi serikat guru indonesia memberi usul launching kurikulum 2013 agar ditunda sebab dinilai belum ada kesesuaian serta kesiapan pengajar.

sebaiknya kurikulum 2013 itu ditunda lagi, benahi saja lagi guru-gurunya, beri mereka pelatihan, kata sekretaris jenderal fsgi retno listyarti selama seminar penguatan empat pilar kebangsaan dalam dunia pendidikan dan dengan tema mengukuhkan studi kewargaan terhadap kokohnya nilai-nilai kebangsaan selama jakarta, selasa.

retno menilai guru adalah kunci keberhasilan sebuah penerapan kurikulum.

guru sudah harus dibangun sebab bagaimanapun dia adalah kucinya yang memenage alur kemana siswa ini akan dibawa, ujarnya.

karena tersebut, dia dan memberi usul diadakannya latihan supaya guru-guru untuk memahami benar kurikulum bila mau diterapkan.

dia serta menolak pengaplikasian kurikulum 2013 karena banyak pilihan kompetensi dasar juga kompetensi inti dan tak dipaparkan dengan jelas.

Lainnya: Jual Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan Online - Jual Jam Tangan Murah - Jam Tangan Murah

saya menolak kurikulum ini sebab isinya tak menggambarkan niat agar mengembangkan pendidikan kita, katanya

guru studi pancasila serta kewarganegaraan (ppkn) sma 13 tersebut menilai sederat kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 tidak terintegrasi, oleh karenanya lokasi pembelajaran besar agar dicapai.

dalam kompetensi itu disebutkan siswa mesti mengetahui pasal-pasal, sementara tak dikenalkan pasal berapa. harus berapa banyak pasal dan mesti dikuasai mereka, ujarnya.

bahkan, retno memberi usul untuk dilaksanakan uji silahkan kurikulum 2013 tersebut.

di beberapa negara dan digelar uji coba, semisal singapura serta inggris supaya tahu kekurangannya juga jangan begitu terburu-buru diterapkan, katanya.

dia mengusulkan uji coba itu kira-kira pada dua tahun sebelum kurikulum tersebut diimplementasikan.

sementara tersebut, direktur pembinaan sma direktorat jenderal pendidikan menengah kementerian studi serta kebudayaan (kemendikbud) harris iskandar mengatakan kurikulum 2013 tersebut masih pada bentuk dokumen rancangan (draft), oleh karenanya baru dapat dikaji ulang.

kalau ada kritik, silakan ke badan penelitian dan pengembangan (balitbang) kemendikbud maka bisa dikaji, dikurang atau update, ujarnya.

dia memaparkan pihaknya dan sedang memasukkan pendidikan karakter serta budi pekerti luhur dalam kurikulum tersebut.

jadi, kurikulum 2013 ini tujuannya merupakan takwa. sebab tersebut, kita dorong prinsipnya supaya menyerahkan porsi lebih banyak kepada mata pelajaran ppkn agar sd, smp dan sma, ujarnya.

harris menunjukan kurikulum 2013 tersebut menekankan aspek olah pikir (kognitif), olah hati yang membentuk pribadi jujur, olah rasa menanamkan kepedulian dan olahraga membentuk fisik yang tangguh.

dalam kurikulum 2013, beberapa mata pelajaran akan disederhanakan, salah satunya hanya hendak banyak enam daripada 12 mata pelajaran dan akan diajarkan, seperti studi agama, (ppkn), matematika, bahasa indonesia, seni budaya juga penjaskes, sementara ipa dan ips ingin dihapus.

kurikulum dan mengisi anggaran sampai rp2,94 triliun itu bertujuan untuk mengantisipasi ketinggalan, mempercepat ketinggalan pelajaran juga menunjang studi nasional ke arah yang lebih bagus yang dan adalah lokasi nasional.