Kutai Timur gandeng Sulbar kembangkan kakao

kepala dinas perkebunan kabupaten kutai timur kaltim ir h achmadi baharuddin menyatakan, kutai timur tengah menjajaki keselaran dengan menyertakan pemkab polewali mandar (polman) sulawesi barat (sulbar) supaya program pengembangan perkebunan kakao.

kepala dinas perkebunan kabupaten kutai timur ir h acmhad baharuddin, melalui kepala jenis produksi, h kasiyanto, ditemui pada ruang kerjanya, senin mengajarkan, mulai 2013 dijajaki suatu keselaran pengembangan kakao melalui kabupaten polewai mandar (polman) sulbar.

sebagai cara awal kerjasama itu, kutai timur membeli serta mencari bibit kakao unggul sebanyak 108 ribu pohon agar dikembangkan dalam dua kecamatan pada kutai timur, katanya.

sebanyak 108 ribu bibit kakao tersebut mau dikembangkan pada dua kecamatan yaitu karangan 54 ribu pohon dan kecamatan karangan serta 54 pohon bibit. dua kecamatan itu mau merupakan percobaan bibit unggul jenis sulawesi-1.

Informasi Lainnya:

kemudian agar membeli 108 ribu bibit unggul dari polewali mandar (polman) pemkab kutai timur dengan dinas perkebunan sudah mengeluarkan dana sebesar rp1.296 miliar dengan dana apbd ii murni tahun anggaran 2013.

bibit unggul itu, berdasarkan h kasiyanto, rata-rata berusia 2 bulan melalui system sambung samping dan hanya selama kurun masa 16 bulan sudah berbuah alias produksi.

pengembangan kakao unggul melalui system sambung samping adalah unggulan sulawesi selatan sejak beberapa tahun juga sudah berhasil dikembangkan oleh petani setempat melalui hasil yang sangat lur biasa.

jika usia kakao biasa mulai berbuah di umur 5 tahun, sedangkan kakao sambung samping ini telah selama usia 16 bulan telah mulai produksi.

kita mencari bibit dari polman sebab pilihan alasan, yaitu dalam ini produksi kakaonya lumayan sukses serta tahan pada serangan hama. lalu daripada segi transportasi lebih gampat ditempuh dari pulau jawa serta sumatera.

kerjasama nanti hendak dilaksanakan dengan saling tukar Informasi tergolong pelatihan dan magang tiap-tiap petani melalui kelompok-kelompok, ujarnya.

pengembangan kakao sambung samping akan kita genjot di kutai timur dengan selalu mendatangkan bibit kakao unggul daripada polman, dan berumur umur 2-3 bulan dan siap tanam.